Hidup Sehat

Depacco.com

Tuesday, August 28, 2012

Desil dari Data Tunggal dan Data Kelompok

Jika median membagi data menjadi dua bagian dan kuartil membagi data menjadi empat bagian yang sama, maka desil akan membagi data menjadi sepuluh bagian yang sama banyak.

Dengan demikian nilai-nilai dari desil yaitu desil ke-1 (D1), desil ke-2 (D2), desil ke-3 (D3) dan seterusnya sampai D9.

1) Desil untuk data tunggal
Nilai D1, D2, D3, dan seterusnya ditentukan oleh letaknya, dengan rumus:

Keterangan:
Di = desil ke-i
i = 1, 2, 3, . . ., 9
n = banyaknya data

Perhatikan contoh soal berikut ini.

Contoh
Diketahui data: 9, 10, 11, 6, 8, 7, 7, 5, 4, 5. Tentukan desil ke-1 dan desil ke-4.
Penyelesaian
Data diurutkan: 4, 5, 5, 6, 7, 7, 8, 9, 10, 11
Letak desil ke-1 diurutan data ke-1/10 (10 + 1)=11/10=1,1
D1 terletak pada urutan ke-1,1 sehingga: D1 = x1 + 0,1 (x2 – x1).
Jadi D1 = 4 + 0,1 (5 – 4) = 4 + 0,1 = 4,1.
Letak desil ke-4 diurutan data ke-4/10 (10 + 1)=44/10=4,4
D4 terletak pada urutan ke-4,4 sehingga: D4 = x4 + 0,4 (x5 – x4).
Jadi D4 = 6 + 0,4 (7 – 6) = 6 + 0,4 = 6,4


2) Desil untuk Data Berkelompok
Nilai desil ke-i dari data bergolong dirumuskan sebagai berikut.

Keterangan:
D = desil ke-i
n = banyak data
F = frekuensi kumulatif kelas sebelum kelas desil
f = frekuensi kelas desil
b = tepi bawah kelas
l = lebar kelas

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh soal berikut ini.
Contoh:

Dari data di atas tentukan:
a. desil ke-2
b. desil ke-9
Penyelesaian:

a. Letak D2 = (2/10).40 =8, yaitu pada data ke-8 dan kelas D2 = 50 – 59 sehingga diperoleh:

b. Letak D9 = (9/10).40 = 36, yaitu data ke-36 dan kelas D9 = 80 – 89 sehingga diperoleh:



Latihan soal:

  1. Tentukan D1, dan D6 dari data: 4, 5, 5, 6, 6, 7, 8, 9, 10.
  2. Hitunglah D4 dan D7 dari data berikut. 10, 13, 9, 14, 17, 9, 21, 19, 19, 22, 35, 23, 25, 35, 47, 33, 25, 39, 43, 29
  3. Carilah D1, D3, dan D9, dari data berikut.
    10, 13, 9, 14, 17, 9, 21, 19, 19, 22, 35, 23, 25, 35, 47, 33, 25, 39, 43, 29
  4. Tentukan D1, D2, dan D5 dari data: 2, 5, 4, 6, 3, 4, 8, 4, 9, 12, 6, 3, 11, 7, 2
  5. Tentukan D1 dan D7 dari data berikut ini.

27 comments:

Yang contoh soal mencari d1, kenapa x1 nya 5 ya? bukannya seharusnya 4?

sangat membantu penjelasannya mudah di pahami. Terimakasih

ok... gan siip manfaat bgt ini....

hitung desilnya kok ngk pakai lebar kelas,,, l,

nah iya gan yang contoh menghitung desil 1 nya kok yang xi-nya 5? bukannya 4? atau memang ada penjelasan lain? mohon bantuannya, terima kasih :)

terima kasih atas koreksinya, iya itu seharusnya x1=4, salah ketik, akan diperbaiki :-)

Masinh bingung nih, yang di contoh yang mencari D-1 -_-

Diketahui data sebagai berikut:
NILAI F
22 - 26 5
27 - 31 8
32 - 36 15
37 - 41 10
42 - 46 7
47 - 51 5
tentukan Nilai modus dari data di atas....

This comment has been removed by the author.

Thanks gan, tp cuma mau ralat itu D2 bukan D1
Yang contoh desil untuk data kelompok

Iya gan, belum sempet ngeganti image-nya...
Nanti cari waktu dulu buat bikin image baru. Semoga diberi kelonggaran waktu, hehehe...

#masih sibuk ngurus perizinan dan kelengkapan untuk buka sekolah dan tempat bimbel baru.
Doain lancar ya gan.
Terima kasih

Untuk menentukan nilai modus, lihat rumus dan materinya dulu di sini.
menentukan nilai modus

Nah.. saya bantu dikit.
Pada tabel nilai frek terbesarnya adl 15, berarti letak kelas modusnya adl pd interval 32-36.

Shg:
Tepi bawah kelas modusnya=31,5
d1=7
d2=5
Lebar kelas=5
Tinggal masukin ke rumusnya. Nanti diperoleh, hasilnya 34,42 (pembulatan).

Bagian yang mana ya sob.. mungkin ada yg salah ketik? Mohon koreksinya...

Klo soalnya berbentuk tabel, tentu harus pake lebar kelas.

Iya.. maaf ya -_-
Tapi blog saya yang lain bisa dicopas kok, khusus yg ini mmg saya buat begitu.
Silahkan buka blog saya yang lain, ada beberapa yg bisa di pilih dan berkaitan dgn pelajaran juga. Salah satunya:
bimbingan excellent

This comment has been removed by the author.

membantu + jelas,, makasih banget kak ^^

Permisi, apakah boleh bertanya cara mencari desil ke-i, dengan nilai kelas tunggal ( genap, hanya 1 nilai tanpa adanya interval.
bagaimana menentukan b = tepi bawah kelasnya ?
Terima kasih

contohnya

Nilai F Frekum

55 8 8
65 10 18
75 16 34
85 14 48
95 10 58

Permisi ka mau nnya 49,5 dapat dari mana yah?

Permisi ka mau nnya D1=49,5 yng saya tanyakan 49,5 dapt dari mana !
Trma kasih

Permisi ka mau nnya D1=49,5 yng saya tanyakan 49,5 dapt dari mana !
Trma kasih

Maksudnya D2 mungkin, kan dapet dri perhitungan nentuin letak D2 dulu diperoleh kelasnya yaitu 50-59
50 : tepi bawah
59 : tepi atas
Dirumusnya D2 cari B dulu kan, B itu (tepi bawah-0,5) kalo mau cari Tepi atas kelas rumusnya(Tepi atas+0,5)
Jadi 49,5 itu dapet dri 50-0,5=49,5

Kok itu gaada dikali c sih rumusnya tapi dicaranya dikali c trs gadi tambah satu gmn sih

Post a Comment