Hidup Sehat

Depacco.com

Tuesday, December 4, 2012

SIFAT-SIFAT MUATAN LISTRIK

Benda bermuatan listrik, baik positif atau negatif, dapat menarik serpihan kertas kecil.
Gantunglah batang kaca yang telah digosok dengan kain wol, kemudian dekatkan sisir yang sebelumnya telah digosokkan ke rambut. Perhatikan apa yang terjadi.

Batang kaca akan tarik-menarik dengan sisir plastik
Diperoleh bahwa batang kaca yang didekati sisir plastik akan tarik-menarik. Hal ini terjadi akibat gosokan dengan kain wol batang kaca bermuatan positif dan sisir plastik akan bermuatan negatif. Dengan demikian, muatan yang tidak sama (positif – negatif) apabila berdekatan akan saling menarik.

Batang ebonit dan sisir plastik akan saling menolak
Lalu bagaimana jika sisir didekatkan pada Ebonit yang sebelumnya telah digosokkan dengan kain wol?
Ebonit yang didekati sisir plastik akan tolak-menolak. Hal ini disebabkan jenis muatan listrik yang dihasilkan akibat gosokan antara ebonit dan sisir plastik sama, yaitu muatan negatif. Jadi, muatan yang sejenis (negatif – negatif) jika berdekatan akan tolak-menolak.

gaya tarik-menarik dan gaya tolak-menolak antara muatan dari benda yang berbeda
Percobaan seperti Gambar (1) dan Gambar (2) di atas menunjukkan adanya gaya tarik-menarik dan gaya tolak-menolak antara muatan dari benda yang berbeda, yaitu kaca dengan sisir plastik dan ebonite dengan sisir plastik. Dapatkah gaya tarik-menarik dan gaya tolakmenolak terjadi pada benda yang sama?
Gaya tarik-menarik atau gaya tolak-menolak antarmuatan dapat terjadi pada benda yang sama, misalnya dua batang kaca. Jika kedua batang kaca digosok dengan kain sutra dan didekatkan, akan tolak-menolak, karena kedua benda bermuatan sejenis. Hal yang sama dapat terjadi pada dua penggaris plastik yang digosok dengan kain wol.

0 comments:

Post a Comment