Hidup Sehat

Depacco.com

Thursday, June 21, 2012

Pengertian Vektor

Pengertian Vektor
Besaran ada dua macam, yaitu besaran skalar dan besaran vektor. Besaran skalar selalu dikaitkan dengan suatu bilangan yang merupakan nilai dari besaran itu, contoh: tekanan, massa, waktu, dsb. Sedangkan Besaran Vektor, selain mempunyai nilai ia juga mempunya arah. Secara geometri, besaran vektor dapat disajikan dengan ruas garis berarah. Panjang ruas garis menyatakan panjang atau besar vaktor, sedangkan arah anak panah menunjukan arah vaktor.


Ruas garis OA pada gambar adalah suatu vektor dengan O sebagai titik pangkal (initial point) dan A sebagai titik ujung (terminal point).

Penulisan vektor
Suatu vektor biasanya dinotasikan dengan huruf kecil tebal, misalnya a. Selain itu vektor juga dapat dinotaasikan dengan menuliskan ruas garis yang disertai dengan tanda anak panah diatasnya. Misalkan ruas garis AB yang dinotasikan dengan vektor AB. Vektor AB dan BA mempunyai panjang yang sama tetapi berlawanan arah.

Kesamaan Vektor

Dua vektor u dan v dikatakan sama (ekuivalent), jika dan hanya jika kedua vektor itu mempunyai panjang dan arah yang sama. Dua vektor yang sama, ditulis u = v (perhatikan gambar a). Sebagai contoh, perhatikan kubus ABCD.EFGH pada gambar b. Misalnya wakil dari vektor u dan wakil dari vektor v, maka u = v (u sama dengan atau ekivalen v) sebab dan mempunyai arah dan panjang yang sama.

Jika dan ,
maka = = dan =

Artinya: vektor sejajar dengan vektor
besaran sama dengan besaran

0 comments:

Post a Comment