Hidup Sehat

Depacco.com

Friday, February 24, 2012

Kiat Sukses Menembus SNMPTN

Semakin tahun tingkat persaingan untuk menembus SNMPTN makin meningkat saja. Keberhasilan tidak selamanya diukur dari kesiapan akademik, akan tetapi juga dipengaruhi oleh kesiapan mental, dan strategi juga ikut menentukan.
Ibarat perang, kita harus mempersiapkan perbekalan, perlengkapan perang, dan tentunya strategi perang.
Kenyataan yang sering kita lihat, misalnya saja Amir berhasil lolos SNMPTN, sementara Aziz (teman sekelas Amir di SMA) ternyata gagal. Padahal, Amir tidaklah lebih pintar dari Aziz. Lalu, Mengapa bisa demikian?
Jawabannya, kemungkinan terjadi kesalahan teknis atau salah strategi.
Kesalahan teknis dapat berakibat fatal. Salah mengisi data berarti 'kalah sebelum berperang'. Oleh karena itu data harus diisi dengan benar dan hati-hati. Ikuti panduan yang ada pada buku petunjuk SNMPTN.
Strategi adalah rencana yang kita siapkan dengan cermat dan efektif untuk menghadapi SNMPTN, misalnya tentang strategi belajar, langkah dan metode mengerjakan soal, pemilihan jurusan, dsb. Tidak sedikit orang gagal menembus SNMPTN dikarenakan salah memilih strategi.
Nah, berikut ini ada sedikit strategi belajar yang bisa kalian terapkan untuk menghadapi SNMPTN besok.


1. Belajar secara Efektif. Belajar efektif dapat kita mulai dengan mempersiapkan Program belajar untuk kurun waktu sekarang sampai menjelang SNMPTN. Belajarlah setiap hari dan bagi waktu anda untuk memantapkan teori dasar, menghafal rumus-rumus, dan mengerjakan soal-soal untuk setiap mata pelajaran.
2. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru atau totor. Materi yang Anda dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu Anda menghapal ulang pelajaran tersebut.
3. Kerjakan Soal-soal SNMPTN tahun sebelumnya, dengan batasan waktu dan tanpa melihat catatan, seolah-olah anda sedang mengikuti tes yang sesungguhnya. setelah selesai/waktu mengerjakan telah habis, periksa jawaban anda dengan kunci jawaban yang ada untuk mengetahui berapa persen jawaban yang benar. Jawaban yang salah atau belum dijawab, harus dikaji ulang, dicermati dan dikerjakan kembali. Jika tidak paham dengan pembahasan yang ada di buku jangan segan untuk bertanya kepada siapapun.
4. Analisa kembali soal-soal SNMPTN lima sampai sepuluh tahun terakhir, kemudian kelompokkan soal tersebut, untuk mengetahui type soal yang paling sering muncul.
5. Untuk pemilihan jurusan, ini juga tidak asal-asalan dan tidak ikut-ikutan teman. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.
6. Ikuti try Out yang ada disekitar anda, untuk mengukur sejauh apa peningkatan kemampuan anda.
7. Terakhir. Setelah kita berusaha semaksimal mungkin, maka yang bisa kita lakukan adalah Tawakal.

Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment